This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 17 Desember 2014

cerpen terakhir


BIARKAN CINTA ITU JADI RAHASIAKU
Oleh : arifin Suparyadi

“Ah, cantiknya dia. Andai aku memilikinya”,gumamku ketika membayangkan Ayuna saat ia sedang melintas di depanku. “Arif, Arif,,, hey Arif”, panggilan itu tiba – tiba membuyarkan lamunanku. Kini di hadapanku berdiri seorang laki-laki. Parasnya ancur, dengan senyuman lebar yang menghiasi bibirnya. Bau dari mulutnya sangat menusuk hidungku dandanannya biasa saja dan menggunakan seragam putih abu.
“Lutfi”, jawabku yang kaget ternyata Lutfi sudah berada di hadapanku. “Ngelamun aja. Kamu ini tugasnya, tinggal dikasih ke guru biar dinilai. Bawa pena
tidak ? ”, kata Lutfi sambil menyerahkan beberapa lembar kertas untuk diberikan ke guru. “Hehe…”, senyumku. “Sudah ku tebak, pasti gak bawa pena. Dasar siswa jaman sekarang HP selalu dibawa tapi pena tidak bawa.”. Arif, Arif jadi siswa kok malas bawa pena¸katanya mau jadi jendral ? pastinya harus selalu bawa pena. Kalau lagi dalam keadaan genting gimana”, jawab Lutfi sambil mengambil pena dari ranselnya. Terlihat ia sedikit kesal padaku. “Kan ada sekretaris jendral yang selalu ada buat jendral ”, candaku padanya. “Ya, walaupun ada sekretaris gak selamanya sekertaris berada di dekatmu Rif. Kalau sekertarisnya gak ada gimana. Siapa yang nyediain pena buatmu nanti ”, jawab Lutfi balik. “Kalau Ayuna gak ada, Barulah hati ini merindukannya kalau sekertarisnya gak ada ya tidak mengapa.”, gumamku dalam hati. “Ok, lainkali saya bawa pena.” Oh ya, jangan lupa ingatkan saya rapat pramuka di Aula atas lepas Jum’at nanti ya. Ada pulsa kan? Apa perlu
diisiin nih”, tanyaku seraya bercanda sambil memegang dompet. “Wee, emang saya cowok kurang modal apa. Kan ada SMS gratisan. Oke deh, kalau gitu aku berangkat ke kantor guru dulu.“. “Oke, semoga nilainya bagus. Insya Allah pasti bagus nilainnya amin”, kataku menyemangati Lutfi. Setelah dari riangan guru aku kembali merenung, mengapa aku hanya bisa memandanginya, tapi tak sanggup untuk menyapa ataupun berbicara dengannya. Padahal, “Aku hanya ingin bilang, kalau aku….”. Kreek, kurobek kembali secarik kertas dari buku itu. “Waduh, ternyata susah ya menulis kata-kata cinta untuk ku ucapkan. Padahal dulu waktu menggombalin cewek yang tidak kucintai begitu mudah rasanya. Apa karena aku sudah lama nggak pacaran ya”, gumamku dalam hati mencoba menulis kata-kata kembali. Ya, aku ingin mengungkapkan perasaanku pada Ayuna. Sebuah rangkaian kata yang menyatakan isi hatiku padanya. Ayuna wanita yang kukagumi. Orangnya simple, pendiam dan bersahabat. Ia juga seorang wanita yang selalu menjaga aurat. Setiap kemana-mana dia selalu berpakaian tertutup, Ia juga wanita yang selalu bersemangat dan mengayomi teman – teman yang berputus asa. Ia pintar, baik, dan taat ibadah. Sholatnya nggak pernah ditinggal. Shaum sunnah ia jaga. Bahkan lebih rajin dibandingkan diriku. Hm, ia wanita yang sempurna. Dan karena hal itu aku mengaguminya. Hubungan kami entahlah seperti apa, pernah menjadi kekasih namun berpisah. Rasanya ingin mengulang kembali dan menguatkan tali silaturahmi dengannya.

Pelajaran telah usai, kelaspun di bubarkan dan seperti biasa sayang pulang naik angkutan umum. Sore itu aku menemui kakak perempuanku, walaupun tidak ada ikatan darah tapi aku menganggapnya keluargaku. Saat dirumahnya dia sedang berbicara dengan temannya “Hei Fajar, katanya Andini bakal nikah tahun ini loh”, kata seorang wanita pada kakak perempuanku yang saat itu aku baru saja duduk. “Benarkah, Barakallohu. Alhamdulillah, siapa lelaki yang berhasil mendapatkan hatinya Ti ?”, Tanya Fajar. “Azwar. Ketua LDK Fakultas Teknik. Subhanalloh ya. Mereka dipertemukan di usia muda dan masih berstatus mahasiswa. Untung aja mas Azwar sudah bekerja”, jawab Atika. “Wah, indahnya. Semoga kita cepat nyusul ya. Ya, mungkin setelah bekerja. Hehe”, tawa Fajar. “Amin. Hm, Fajar, seperti apa pria impianmu yang bakal menjadi imammu kelak?”, tanya Atika pada Fajar. Saat itu aku mendengar baik – baik pembicaraan mereka. “Ya, Allah kutahu ini dosa. Tapi ini adalah kesempatanku untuk mencari tahu laki-laki yang seperti apa yang disukai para wanita soleh”, gumamku sambil mencoba memasang pendengaranku baik – baik. “Seperti apa ya. Mungkin lelaki yang sederhana, tegas, manis, pintar, cerdas, bertanggung jawab dan taat beribadah. Dan satu lagi pintar memasak kali ya, jadi bisa mengajariku memasak. Hehe”, jawab Fajar. “Pintar memasak, tegas. Aku bisa memenuhinya”, pikirku setelah mendengar kriteria pria impian Fajar, apa Ayuna juga? Bisa jadi hehe. “Ayuna, tunggu aku. Aku pasti bisa jadi pria impianmu”. Sejak saat itu, aku belajar memasak. Berbagai masakan ku coba. Dan untuk menguji rasanya, teman – teman bola dan club motor kujadikan kelinci percobaan. Dan hasilnya luar biasa, 4 dari 5 temanku semuanya sakit gara – gara masakanku. Entah apa yang salah, apa perut mereka yang tidak tahu masakan enak, atau masakanku yang tidak enak tapi lama kelamaan akhirnya masakanku bisa mereka katakan enak. Lalu di organisasi aku mencoba memimpin secara tegas. Setiap anggota yang kurang bertanggung jawab aku berikan teguran, lalu kuayomi mereka semua, kuberi semangat agar mereka bisa melaksanakan tugasnya. Aku rasa itu sudah bisa menunjukkan ketegasanku pada Ayuna. Dan aku selalu menyapanya walau masih lewat BBM “Assalammu’alaikum na”, BBMku pada Ayuna pada suatu malam. Tidak berapa lama HPku pun berdering.
- Wa’alaikumsalam
.
-
lagi ngapain na? (kedokku berusaha mencari celah)
-
lagi diam saja.
-
oh.. kirain lagi belajar, berarti gak sibuk ya.
-
iya.
(Waduh jawabannya dingin, ahh... mungkin dia sibuk.)
-  ya sudah selamat malam na, Aku mencoba menunggu balasan dari Ayuna. Lama sekali sampai akhirnya aku tertidur. Esoknya selepas Subuh, aku mencoba memeriksa BBMku, berharap ada balasan dari Ayuna. Ternyata nihil. Padahal aku berharap ia membalas kembali.
Hari ini hari minggu, biasanya pagi hari aku menyempatkan menyapanya lalu pergi untuk olah raga. Tetapi setelah olah raga tak kunjung ada balasan. “Kemanakah dirimu Ayuna? Padahal aku hanya ingin tahu kabarmu saja. Itu sudah membuatku tenang”, gumamku. Aku berjalan menyusuri jalanan. Aku biarkan kakiku melangkah entah kemana ia akan membawaku. Saat itu pikiranku begitu gundah. Lalu saya dikagetkan dengan temanku yang entah datang dari mana makhluk ini tiba-tiba dihadapanku. “Ayo kita pergi kemasjid, ada ceramah.” “Ok, tunggu saya” sambil berjalan berbagai perasaan aku rasakan. Sampai aku tersadar suara azan menyadarkanku. Akupun sampai di mesjid untuk melaksanakan sholat. Sholatku kali ini begitu berbeda. Lalu aku berdo’a, hingga tak terasa temanku mengerjaiku dengan tempelan kertas yang ditempel dipunggungku “ LAGI KHUSYUK MASALAH JODOH.” Namun tempelan itu lepas dari punggungku.  Selesai berdo’a aku coba duduk sebentar. Saat itu sedang berlangsung ceramah yang di bawakan oleh seorang ustad muda. Judulnya “Mencintai atau di cintai”. Kudengarkan baik – baik apa yang disampaikan sang ustad.
“Para pemuda yang di rahmati Allah, pasti diantara kita pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Cinta yang akhirnya memiliki rasa ingin mendapatkan cinta itu seutuhnya. Ingin melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Sampai raga ini berjanji kalau akan menyesal apabila tidak mendapatkannya”. Aku pun mengangguk. Saat itu aku tersadar dengan apa yang telah kurasakan. “Tidak ada yang salah dengan yang namanya cinta. Cinta itu hakikat setiap manusia. Tidak ada larangan untuk mencintai. Tapi pernahkah kita sadar kalau saat kita merasakan cinta pada seseorang, kita melupakan cinta kita pada Allah”. “Cintaku pada Allah”, aku tersentak mendengar hal itu. “Ya, cinta kita pada Allah. Saat kita menginginkan orang tersebut, pernahkah terlintas di pikiran kita kapan kita mengaharapkan cinta dari Allah? Cinta dari Allah yang selalu memberikan nikmat pada
kita? Cinta dari
-Nya yang selalu menjaga kita? Cinta dari-Nya yang selalu ada untuk kita?
Pernahkah terlintas di pikiran saudara – saudara” Aku tersadar. Di saat aku mengharapkan A
yuna, aku lupa cintaku pada Allah. Bukankah Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya, tetapi hamba-Nya yang meninggalkan ia karena sesuatu. Kenapa aku harus takut kehilangan Ayuna, kalau Allah sudah menjanjikan jodoh yang terbaik untukku. Kenapa aku harus berusaha mendapatkannya, kalau belum tentu ia akan memiliki perasaan yang sama padaku. Bisa saja karena aku terlalu berharap, hati ini akan sakit menerima kenyataan yang ada. “Astagfirulloh. Ya Allah, terimakasih Engkau telah mengingatkan hamba Ya Allah. Duniaku tak lebih hanya sebuah tempat singgah. Kenapa aku harus khawatir kalau segala urusan telah Engkau tetapkan untukku Ya Allah. Engkau Yang Maha Mengetahui, Tiada Tuhan selain Engkau Ya Allah”, gumamku dalam hati. Aku melamun dan berpikir. Selama ini aku berada di jalur yang salah. Aku terlalu canggung dan takut kehilangan Ayuna, padahal aku tidak pernah tahu isi hati Ayuna terhadapku. Allah telah menjaga hamba-Nya. Kini pikiranku mulai cerah. Aku sadar, dan menyerahkan segala urusanku pada Allah. Kini aku percaya Allah akan memberikan yang terbaik untukku. Hari Seninpun tiba. Kini aku bertemu kembali dengan Ayuna yang selalu terlihat cantik. Tapi dengan perasaan berbeda. Tak lagi diriku berusaha mengungkapkan cinta padanya. “Hai, ayo kawan – kawan upacara mau dimulai”, seru Edward padaku yang sedang duduk melihat teman-temanku berbicara. “Baik Do. Bentar lagi saya kesana”, jawabku  seraya membuka ransel untuk mengambil topi. “Cepat ya teman. Jangan lama. mereka sudah pada siap”, kata Edward yang lalu pergi meninggalkanku. Nampak Ayuna sedang berdiri, aku pun kini menatapnya kembali dari jauh. Ayuna…Engkau wanita yang sempurna Semoga Allah mempertemukanmu dengan lelaki yang sempurna pula terimakasih karena pernah membuatku jatuh cinta. Terimakasih karena telah memotivasi diriku Tetapi Allah lebih sayang padaku sehingga cinta ini tidak akan kuberikan pada siapapun kecuali Allah. Suatu saat, bila Allah mempertemukanku denganmu sebagai jodoh Akan kutuntun dirimu untuk mencintai Allah bersama – sama Tapi bila tidak, berbahagialah Allah akan memberikan yang terbaik untukmu cinta yang pernah kurasakan padamu biarlah ini jadi rahasiaku Bersemangatlah Ayuna Jadilah wanita yang solehah dan tangguh, serta gapailah cita-citamu gumamku. Setelah upacara selesai, hari-hariku seperti biasa kepada Ayuna. namun dengan perasaan yang lebih lega karena ada alasan untukku berjuang meraih kesuksesan agar aku bisa membhagiakan orang tua, keluarga dan pasanganku nanti.

TAMAT

Kamis, 28 November 2013

Segudang Manfaat Puasa Buat Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Riyadh : Puasa di Ramadan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Berpuasa bisa menjadi terapi dan pencegahan dari berbagai penyakit akibat makan serta kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Seperti dikutip Al-Arabiya, Kamis (25/7/2013), manfaat puasa buat kesehatan sungguh luar biasa. Apalagi zaman kini banyak penyakit muncul seperti aterosklerosis, hipertensi, penyakit jantung, alergi, diabetes, dan kanker. Dengan tidak berpuasa dengan benar serta menyimpang dari tujuan sebenarnya, penyakit menjadi lebih umum.

Puasa telah digunakan sebagai penyembuhan, proses spiritual, religius, dan pemurnian selama ratusan tahun dalam Yudaisme, Kristen, Islam, dan agama-agama Timur. Socrates, Plato, Aristoteles, Hippocrates, dan semua menggunakan dan percaya terapi puasa memberikan kesehatan.

Rahasia di balik penyembuhan dengan puasa dari detoksifikasi makan yang berlebihan dan terpaparnya tubuh dari bahan kimia yang tak diinginkan.

Detoksifikasi merupakan proses mengurangi dan menghilangkan racun dari tubuh atau mengubahnya serta membersihkan lendir yang berlebihan untuk merevitalisasi fungsi alami tubuh.

Racun tersebut bisa dalam bentuk nikotin dan obat yang berbahaya, polusi udara, lemak, kolesterol, dan radikal bebas.

Berikut keuntungan puasa dari segi kesehatan:

1. Puasa meningkatkan proses eliminasi dan meningkatkan pelepasan racun dari usus, ginjal, dan kandung kemih, paru-paru, dan saluran pernapasan, sinus, dan kulit.

2. Tanpa makan di siang hari orang membiarkan sistem pencernaan beristirahat.

Meminimalkan beban kerja pada organ pencernaan, usus, lambung, hati, kandung empedu, pankreas, dan ginjal, bisa memperbaiki dalam memulihkan diri. Memecahkan makanan membutuhkan banyak energi dari tubuh.

3. Energi yang biasanya dikeluarkan pada proses pencernaan dibebaskan sehingga bisa fokus meningkatkan kesehatan, vitalitas, dan mempertajam fungsi pikiran.

4. Ketika berpuasa energi lebih tinggi, lebih konsentrasi dan lebih besar kesadaran spiritual, serta lebih bersih mentalnya.

5. Puasa bisa menjadi obat untuk sejumlah masalah kesehatan

Gangguan pencernaan, fungsi usus, dan kelebihan lemak perut ketegangan otot-otot punggung, yang mungkin bertanggung jawab untuk berbagai bentuk sakit di punggung. Jenis nyeri punggung bisa diatasi dengan puasa dan diet ringan selama malam hari.

Alergi dan sinus mungkin menjadi lega karena puasa membantu membersihkan tubuh dari cairan lendir yang berlebih.

6. Selama kita tidak terlalu banyak makanan dan yang manis-manis setelah berbuka puasa, penurunan berat badan juga bisa dilakukan selama bulan puasa.

7. Puasa merupakan metode baik untuk mengatasi kecanduan kopi, merokok, dan obat-obatan.

8. Puasa merupakan katalisator bagi perubahan dan perkembangan pribadi serta motivator ampuh untuk menghentikan kebiasan yang tidak sehat.

7 Manfaat Membaca al Quran

Membaca  al Qur’an adalah kebiasaan yang wajib bagi generasi emas pada zaman Rasulullah SAW masih hidup. Membaca  al Qur’an sudah menjadi menu utama Sahabat Rasulullah SAW dimasanya karena itulah salah satu rahasia generasi emas umat muslim saat itu. Sedangkan jika menilik umat Islam sekarang  ini al Qur’an hanya dijadikan benteng fatwa-fatwa aneh yang dikeluarkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) seperti menghalalkan film-film yang tak patut ditonton dan sebagainya. Kemungkinan tahun ini, MUI juga akan mengeluarkan fatwa haram guna mengharamkan BBM bersubsidi bagi rakyat Indonesia. Sungguh berbanding terbalik nasib al Qur’an saat ini jika dibandingkan dengan masa emas umat Islam dahulu. Kini al Qur’an hanya dijadikan symbol saja seperti :

Sumpah

Dalam pelantikan entah itu Presiden, wakil rakyat al Qur’an hanya menjadi symbol saja dalam pelantikan tersebut. Inilah gambar sumpah pada saat pelantikan Presiden atau Menteri
 Sumpah Quran
Pada gambar terlihat jelas bahwa al Qur’an terletak dibelakang orang yang dilantik saat itu dan tidak menghadap kepada wajahnya. Maka percuma saja sumpah jika membelakangi al Qur’an, Patutkah al Qur’an dibelakangi ? ini salah satu pembangkangan kepada al Qur’an tersebut. Mereka bersumpah dengan menggunakan al Qur’an tetapi tidak menjalankan aturan yang ada pada al Qur’an tadi “Naudzubillah” dan banyak pula fakta yang sudah terpampang jelas saat ini. Dimulai dari korupsi, suap menyuap antar aparatur hukum dan juga Presiden yang hanya peduli pada kekuasaannya saja.

Tilawah dan Khatam al Qur’an

Kebanyakan dari mereka  yang sudah pandai membaca al Qur’an dengan tilawah dan tartil merasa cukup bahwa mereka sudah membaca al Qur’an dengan keindahan suara yang mereka miliki bahkan lomba tilawah ini diperlombakan dari tingkat yang paling kecil yakni Pedesaan hingga tingkat yang tinggi yakni tingkat Internasional. Sungguh berbanding terbalik dengan keadaan pada generasi emas umat Islam dahulu. Generasi emas umat Islam dahulu sangat bersungguh mempelajari al Qur’an yakni lebih pada tingkat penerapan al Qur’an pada kehidupan mereka maka pantaslah Allah Subhanahu Wa  Ta’ala selalu memberikan kemenangan pada mereka walaupun jumlah mereka saat itu sedikit jika dibandingkan umat Islam yang sekarang yang lebih banyak. Perbedaan umat Islam sekarang yakni jika umat Islam dahulu lebih mengutamakan penerapannya daripada sekedar tilawah saja dan sebaliknya. Dan juga jika membahas Khatam al Qur’an umat Islam dahulu lebih suka meng-khatam al Qur’an dengan secara langsung menerapkannnya pada kehidupan sehari-hari sedangkan jika menilik umat Islam sekarang sehari-harinya mereka menghafal tanpa menerapkannya.
Itulah perbedaan umat Islam pada zaman emas dan zaman sekarang maka manfaat membaca al Qur’an yang dapat Penulis simpulkan yakni :
1. Dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
2. Dapat menjadi bahan renungan (muhasabah) disaat berbahagia maupun bersedih
3. Menjadi pengingat akan kebesaran Allah
4. Menjadi sebuah pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari
5. Menjadi hujjah dalam ghazwul fikr saat ini
6. Menjadi amal shalih
7. Sebagai motivator tersendiri
Itulah manfaat membaca al Qur’an yang saya rasakan selama ini mudah-mudahan antum dapat mengambil hikmah dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari.
sumber :

Manfaat Sholat Secara Medis

Dr. Bahar Azwar, SpB-Onk, seorang dokter spesialis bedah-onkologi ( bedah tumor ) lulusan FK UI dalam bukunya ” Ketika Dokter Memaknai Sholat ” mampu menjabarkan makna gerakan sholat. Bagaimana sebenarnya manfaat sholat dan gerakan-gerakannya secara medis?
Selama ini sholat yang kita lakukan lima kali sehari, sebenarnya telah memberikan investasi kesehatan yang cukup besar bagi kehidupan kita. Mulai dari berwudlu ( bersuci ), gerakan sholat sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasa hebatnya baik untuk kesehatan fisik, mental bahkan keseimbangan spiritual dan emosional. Tetapi sayang sedikit dari kita yang memahaminya. Berikut rangkaian dan manfaat kesehatan dari rukun Islam yang kedua ini.


Manfaat Wudlu Kulit merupakan organ yang terbesar tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi juga mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi ( tempat pembuangan zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori ) dan media komunikasi antar sel syaraf untuk rangsang nyeri, panas, sentuhan secara tekanan.
Begitu besar fungsi kulit maka kestabilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban. Bersuci merupakan salah satu metode menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit. Kalu kulit sering kering akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit terutama mudah terinfeksi kuman.
Dengan bersuci berarti terjadinya proses peremajaan dan pencucian kulit, selaput lendir, dan juga lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan dunia luar (pori kulit, rongga mulut, hidung, telinga). Seperti kita ketahui kulit merupakan tempat berkembangnya banya kuman dan flora normal, diantaranya Staphylococcus epidermis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Mycobacterium sp (penyakit TBC kulit). Begitu juga dengan rongga hidung terdapat kuman Streptococcus pneumonia (penyakit pneumoni paru), Neisseria sp, Hemophilus sp.Seorang ahli bedah diwajibkan membasuh kedua belah tangan setiap kali melakukan operasi sebagai proses sterilisasi dari kuman. Cara ini baru dikenal abad ke-20, padahal umat Islam sudah membudayakan sejak abad ke-14 yang lalu. Luar Biasa!!
Keutamaan Berkumur Berkumur-kumur dalam bersuci berarti membersihkan rongga mulut dari penularan penyakit. Sisa makanan sering mengendap atau tersangkut di antara sela gigi yang jika tidak dibersihkan ( dengan berkumur-kumur atau menggosok gigi) akhirnya akan menjadi mediasi pertumbuhan kuman. Dengan berkumur-kumur secara benar dan dilakukan lima kali sehari berarti tanpa kita sadari dapat mencegah dari infeksi gigi dan mulut. Istinsyaq berarti menghirup air dengan lubang hidung, melalui rongga hidung sampai ke tenggorokan bagian hidung (nasofaring). Fungsinya untuk mensucikan selaput dan lendir hidung yang tercemar oleh udara kotor dan juga kuman. Selama ini kita ketahui selaput dan lendir hidung merupakan basis pertahanan pertama pernapasan. Dengan istinsyaq mudah-mudahan kuman infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dapat dicegah. Begitu pula dengan pembersihan telinga sampai dengan pensucian kaki beserta telapak kaki yang tak kalah pentingnya untuk mencegah berbagai infeksi cacing yang masih menjadi masalah terbesar di negara kita.
Manfaat Kesehatan Sholat Berdiri lurus adalah pelurusan tulang belakang, dan menjadi awal dari sebuah latihan pernapasan, pencernaan dan tulang. Takbir merupakan latihan awal pernapasan. Paru-paru adalah alat pernapasan, Paru kita terlindung dalam rongga dada yang tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung. Susunan ini didukung oleh dua jenis otot yaitu yang menjauhkan lengan dari dada (abductor) dan mendekatkannya (adductor). Takbir berarti kegiatan mengangkat lengan dan merenggangkannya, hingga rongga dada mengembang seperti halnya paru-paru. Dan mengangkat tangan berarti meregangnya otot-otot bahu hingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar. Dengan ruku’, memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher oleh karena sejajarnya letak bahu dengan leher. Aliran akan semakin lancar bila ruku’ dilakukan dengan benar yaitu meletakkan perut dan dada lebih tinggi daripada leher. Ruku’ juga mengempiskan pernapasan. Pelurusan tulang belakang pada saat ruku’ berarti mencegah terjadinya pengapuran. Selain itu, ruku’ adalah latihan kemih (buang air kecil) untuk mencegah keluhan prostat. Pelurusan tulang belakang akan mengempiskan ginjal. Sedangkan penekanan kandung kemih oleh tulang belakang dan tulang kemaluan akan melancarkan kemih. Getah bening (limfe) fungsi utamanya adalah menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah.
Sujud Mencegah Wasir Sujud mengalirkan getah bening dari tungkai perut dan dada ke leher karena lebih tinggi. Dan meletakkan tangan sejajar dengan bahu ataupun telinga, memompa getah bening ketiak ke leher. Selain itu, sujud melancarkan peredaran darah hingga dapat mencegah wasir. Sujud dengan cepat tidak bermanfaat. Ia tidak mengalirkan getah bening dan tidak melatih tulang belakang dan otot. Tak heran kalau ada di sebagian sahabat Rasul menceritakan bahwa Rasulullah sering lama dalam bersujud.
Duduk di antara dua sujud dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran. Pembuluh darah balik di atas pangkal kaki jadi tertekan sehingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki mulai dari mata kaki sehingga pembuluh darah di pangkal kaki mengembang. Gerakan ini menjaga supaya kaki dapat secara optimal menopang tubuh kita. Gerakan salam yang merupakan penutup sholat, dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung.

Manfaat Sholat Malam hari biasanya dingin dan lembab. Kalau ditanya, paling enak tidur di waktu tersebut. Banyak lemak jenuh yang melapisi saraf kita hingga menjadi beku. Kalau tidak segera digerakkan, sistem pemanas tubuh tidak aktif, saraf menjadi kaku, bahkan kolesterol dan asam urat merubah menjadi pengapuran. Tidur di kasur yang empuk akan menyebabkan urat syaraf yang mengatur tekanan ke bola mata tidak mendapat tekanan yang cukup untuk memulihkan posisi saraf mata kita.
Jadi sholat malam itu lebih baik daripada tidur. Kebanyakan tidur malah menjadi penyakit. Bukan lamanya masa tidur yang diperlukan oleh tubuh kita melainkan kualitas tidur. Dengan sholat malam, kita akan mengendalikan urat tidur kita.
Sholat Lebih Canggih dari Yoga “Apakah pendapatmu sekiranya terdapat sebuah sungai di hadapan pintu rumah salah seorang diantara kamu dan dia mandi di dalamnya setiap hari lima kali. Apakah masih terdapat kotoran pada badannya?”. Para sahabatmenjawab : “Sudah pasti tidak terdapat sedikit pun kotoran pada badannya”. Lalu beliau bersabda : “Begitulah perumpamaansholat lima waktu. Allah menghapus segala keselahan mereka”. (H.R Abu Hurairah r.a). Jika manfaat gerakan sholat kita betul, maka sangat luar biasa manfaatnya dan lebih canggih daripada yoga. Sangat disayangkan tidak ada universitas yang berani atau sengaja mengembangkan teknik gerakan sholat ini secara ilmiah. Belum lagi manajemen yang terkandung dalam bacaan sholat. Seperti doa iftitah yang berarti mission statement (dalam manajemen strategi). Sedangkan makna bacaan Alfatihah yang kita baca berulang sampai 17 kali adalah objective statement. Tujuan hidup mana yang lebih canggih dibandingkan tujuah hidup di jalan yang lurus, yaitu jalan yang penuh kebaikan seperti diperoleh para orang-orang shaleh seperti nabi dan rasul?
Dr. Gustafe le Bond mengatakan bahwa Islam merupakan agama yang paling sepadan dengan penemuan-penemuan ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan etika sains harus didukung dengan kekuatan iman. Semoga sholat kita makin terasa manfaatnya.

Perbedaan Hindu, Buddha, dan Islam

Perbedaan Hindu, Buddha, dan Islam Agama Hindu-Budha tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi kita semua, karena kedua agama tersebut mempengaruhi perkembangan awal sejarah Indonesia. Agama Hindu merupakan suatu kepercayaan yang diciptakan oleh bangsa Arya yaitu bangsa
pengembara dari utara yang masuk ke India melalui celah Kaibar dan menduduki lembah sungai Gangga dan Yamuna. Bangsa Arya mendesak bangsa Dravida. Agama Hindu bersifat polytheisme dengan dewa utamanya Trimurti yang terdiri dari Brahma,
Wisnu dan Syiwa. Adapun kitab sucinya adalah Weda. Sedangkan agama Budha muncul setelah agama Hindu. Awalnya hanya sebagai suatu ajaran dalam rangka mencari kebenaran yang dilakukan pertama kali oleh Sidharta. Sidharta adalah putra mahkota dari Kerajaan Kapilawastu yang merupakan putra raja Sudhodana dan putri Maya, kemudian ia mengemban menjadi cakyamuni (pendeta) sampai menerima wahyu yang berupa kesadaran akan penderitaan dan cara menindas penderitaan tersebut. Dalam hal ini Sidharta dianggap sebagai Budha Gautama. Budha sebagai suatu ajaran dapat berkembang menjadi suatu agama dengan kitab sucinya Tripitaka (tiga keranjang) yang menggunakan bahasa Pali bahasa rakyat Magadha. Untuk selanjutnya agama Budha berkembang menjadi dua aliran yaitu aliran Mahayana (kendaraan
besar) dan aliran Hinayana (kendaraan kecil). Kemudian kedua agama yaitu Hindu-Budha tersebut berkembang keberbagai negara di Asia Timur maupun Asia Tenggara termasuk ke Indonesia yang akhirnya mempengaruhi kebudayaan Indonesia.

Kedatangan dan Penyebaran Islam di Indonesia ada teori yang
berpendapat baru abad ke-13 M, yang dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan lainnya, dan yang berpendapat sudah sejak abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi yang antara lain dikemukakan W.P. Groeneveldt, Syeikh Muhammad Naguib Al-Attas, S.Q. Fatimi, Hamka, Uka Tjandrasasmita dll. Masing-masing golongan membuat argumentasinya. Tetapi bagaimanapun kami berpendapat yang benar abad ke-1 H, atau abad ke-7 M, dan langsung dari Arabia. Kedatangan Islam awalnya melalui
perdagangan Internasional dan penyebaran atau penyampaiannya secara lebih mendalam oleh para da’i dan para wali (Di Jawa Wali Sanga) yang berasal dari luar atau dari Indonesia sendiri. Waktu kedatangan dan penyebaran Islam di Indonesia melalui
beberapa fase dan yang abad ke-7 M. Baru di bagian Barat Indonesia saja. Penyebaran Islam di Indonesia bahkan di wilayah Asia Tenggara berjalan dengan damai sesuai
dengan prinsip-prinsip konsep Islam. Proses Islamisasi melalui berbagai jalur :
Perdagangan, Pernikahan, Memasuki birokrasi, Sufisme, Pendidikan (Pesantren), Kesenian.

15 Pesawat Kepresidenan akan Parkir di Bali


ANTARA/Nyoman Budhiana/rj

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Sebanyak 15 pesawat kepresidenan akan membawa kepala negara ke Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali. Ke-15 pesawat itupun memastikan akan parkir di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

"Sampai sekarang (15/9) sudah ada 15 pesawat VVIP dari negara APEC sudah mendaftar," kata Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai Kolonel Penerbang Sugiharto Prapto Walujo ditemui di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Ahad (15/9).

Pihaknya akan menyusun penempatan untuk parkir pesawat dengan empertimbangkan berbagai hal, termasuk kepentingan politis. Namun, Ia enggan menyebutkan lebih rinci kepentingan politis itu.

"Pertimbangan politis menjadi perhatian utama kami. Itu terkait dengan sistem perpolitikan negara masing-masing," ucapnya.

Selain pertimbangan politis, ukuran pesawat terbang yang dibawa para pemimpin 21 negara anggota APEC juga menjadi perhatian. Menurut dia, dari 15 pesawat itu, empat negara belum mencantumkan tipe pesawat kepresidenan yang akan digunakan.

Sedangkan dua negara sudah melakukan konfirmasi bahwa akan membawa dua pesawat kepresidenan, yakni Amerika Serikat dan Rusia.

Sugiharto menyatakan bahwa Bandar Udara Internasional Ngurah Rai siap menampung 21 pesawat kepresidenan dan memastikan semuanya parkir di Bali. "Sesuai instruksi presiden, semua pesawat kepresidenan parkir di Bali," ucapnya.

Panitia KTT APEC sebelumnya menyatakan bahwa Bandar Udara Internasional Ngurah Rai selama pelaksanaan APEC akan ditutup sementara dari aktivitas penerbangan komersial.

Penutupan sementara itu dilakukan pada 6 Oktober 2013 mulai pukul 10.00-20.00 Wita, 8 Oktober 2013 pukul 13.00-20.00 Wita, dan 9 Oktober 2013 pukul 07.00-14.00 Wita.

Penutupan sementara itu untuk memberikan jaminan keamanan kepada para kepala negara dan delegasi KTT APEC yang berdatangan dan meninggalkan Pulau Dewata. Penutupan itu telah dilaporkan ke pihak-pihak terkait seperti maskapai penerbangan, baik domestik maupun internasional.(Ant)

Editor: Laela Badriyah

TNI AU Siap Datangkan 102 Pesawat Tempur Baru


TNI AU Siap Datangkan 102 Pesawat Tempur Baru 
 Liputan6.com, Jakarta : TNI Angkatan Udara siap mendatangkan 102 pesawat tempur baru. Langkah itu sudah sesuai dengan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono guna tercapainya minimum essential force.
"Itu sudah ada di rencana strategi di 2014, 2019 sampai 2024. Seperti yang diketahui kita akan menambah kekuatan dengan berbasis minimum essential force, ada penambahan kurang lebih sekitar 102 pesawat dengan berbagai macam," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta Timur, Jumat (18/10/2013).
Hadi menuturkan beberapa jenis yang ditambah, salah satunya Sukhoi. Ada pula F16, Hercules, dan Super Volcano.
"F-16 jumlahnya 24, Super Volcano 16, dan akan ada penambahan Hercules dari Australia jumlahnya 2," jelas Hadi di sela pisah-sambut Kadispenau ini.
Selain pesawat, untuk melindungi dari serangan udara, TNI AU akan membeli rudal dari negeri China. Pembelian rudal tersebut pun sudah tercantum dalam Rensra 2014-2019 dan 2019-2024.
"Untuk rudal sudah ada dalam rencana strategis, tentunya itu akan kita realisasikan yang jelas penambahan alutsista itu sudah ada di rensra," paparnya. Untuk TNI AU, lanjut Hadi, rudal yang dibeli adalah rudal dari darat ke udara. (Ein/Ism)