Kamis, 28 November 2013

Segudang Manfaat Puasa Buat Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Riyadh : Puasa di Ramadan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Berpuasa bisa menjadi terapi dan pencegahan dari berbagai penyakit akibat makan serta kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Seperti dikutip Al-Arabiya, Kamis (25/7/2013), manfaat puasa buat kesehatan sungguh luar biasa. Apalagi zaman kini banyak penyakit muncul seperti aterosklerosis, hipertensi, penyakit jantung, alergi, diabetes, dan kanker. Dengan tidak berpuasa dengan benar serta menyimpang dari tujuan sebenarnya, penyakit menjadi lebih umum.

Puasa telah digunakan sebagai penyembuhan, proses spiritual, religius, dan pemurnian selama ratusan tahun dalam Yudaisme, Kristen, Islam, dan agama-agama Timur. Socrates, Plato, Aristoteles, Hippocrates, dan semua menggunakan dan percaya terapi puasa memberikan kesehatan.

Rahasia di balik penyembuhan dengan puasa dari detoksifikasi makan yang berlebihan dan terpaparnya tubuh dari bahan kimia yang tak diinginkan.

Detoksifikasi merupakan proses mengurangi dan menghilangkan racun dari tubuh atau mengubahnya serta membersihkan lendir yang berlebihan untuk merevitalisasi fungsi alami tubuh.

Racun tersebut bisa dalam bentuk nikotin dan obat yang berbahaya, polusi udara, lemak, kolesterol, dan radikal bebas.

Berikut keuntungan puasa dari segi kesehatan:

1. Puasa meningkatkan proses eliminasi dan meningkatkan pelepasan racun dari usus, ginjal, dan kandung kemih, paru-paru, dan saluran pernapasan, sinus, dan kulit.

2. Tanpa makan di siang hari orang membiarkan sistem pencernaan beristirahat.

Meminimalkan beban kerja pada organ pencernaan, usus, lambung, hati, kandung empedu, pankreas, dan ginjal, bisa memperbaiki dalam memulihkan diri. Memecahkan makanan membutuhkan banyak energi dari tubuh.

3. Energi yang biasanya dikeluarkan pada proses pencernaan dibebaskan sehingga bisa fokus meningkatkan kesehatan, vitalitas, dan mempertajam fungsi pikiran.

4. Ketika berpuasa energi lebih tinggi, lebih konsentrasi dan lebih besar kesadaran spiritual, serta lebih bersih mentalnya.

5. Puasa bisa menjadi obat untuk sejumlah masalah kesehatan

Gangguan pencernaan, fungsi usus, dan kelebihan lemak perut ketegangan otot-otot punggung, yang mungkin bertanggung jawab untuk berbagai bentuk sakit di punggung. Jenis nyeri punggung bisa diatasi dengan puasa dan diet ringan selama malam hari.

Alergi dan sinus mungkin menjadi lega karena puasa membantu membersihkan tubuh dari cairan lendir yang berlebih.

6. Selama kita tidak terlalu banyak makanan dan yang manis-manis setelah berbuka puasa, penurunan berat badan juga bisa dilakukan selama bulan puasa.

7. Puasa merupakan metode baik untuk mengatasi kecanduan kopi, merokok, dan obat-obatan.

8. Puasa merupakan katalisator bagi perubahan dan perkembangan pribadi serta motivator ampuh untuk menghentikan kebiasan yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cerpen terakhir

BIARKAN CINTA ITU JADI RAHASIAKU Oleh : arifin Suparyadi “Ah, cantiknya dia. Andai aku memilikinya”,gumamku ketika membayangkan Ayun...