Kamis, 19 September 2013

B2 Spirit


B2 Spirit (sering disebut pesawat siluman pembom) adalah pesawat  multi-peran yang mampu   menjatuhkan senjata konvensional dan nuklir. Pesawat ini dilengkapi dengan karakteristik atau perangkat ‘siluman’  unik yang memberikan kemampuan untuk menyembunyikan diri dari pertahanan musuh paling canggih dan memungkinkan untuk menyerang langsung dari lokasi utama musuh. Pesawat  B-2 dapat membawa 2-3 kru tentara bersama-sama dan beban muatan hingga £ 80.000 termasuk bom nuklir, bom mk82 atau bom Mk84, bom api, bom cluster, dan ranjau laut.
Pesawat B-2 Spirit atau pembom siluman ini selalu menghantui kawasan dimanapun ada konflik dengan Amerika. Selama bertugas, tidak satupun dari armada pesawat ini ditembak jatuh musuh. Pesawat ini sudah diproduksi sebanyak 21 unit. Secara undang-undang, Amerika tidak akan menjual pesawat siluman (B-2 Spirit, F-22, F-117) ke negara manapun. Biaya pembuatan pesawat ini mulai dari ide, prototip hingga produksi 1 pesawat adalah 23 Milyar USD (sekitar Rp. 205 Trilyun). Tetapi, harga 1 pesawat ini adalah 1,3 Milyar USD (sekitar Rp. 10,5 Trilyun). Bila 21 unit pesawat yang siap beroperasi ke seluruh penjuru dunia manapun dikali 1,3 Milyar USD plus biaya Riset senilai 23 USD, maka kesemuanya itu senilai 50,3 Milyar USD (sekitar Rp. 490 Trilyun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cerpen terakhir

BIARKAN CINTA ITU JADI RAHASIAKU Oleh : arifin Suparyadi “Ah, cantiknya dia. Andai aku memilikinya”,gumamku ketika membayangkan Ayun...